Pemkab Nunukan Terima Bantuan Kapal Dari Kemenhub RI

Pemkab Nunukan Terima Bantuan Kapal Dari Kemenhub RI

WARTA HUMAS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nunukan menerima bantuan satu unit kapal Pelayaran Rakyat (Pelra) dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub RI), Kamis (18/7) di Jakarta.

Bantuan kapal ini diserahkan kepada 44 kabupaten/kota di Indonesia. Mewakili Bupati Nunukan, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Robby Nahak SH melakukan penandatanganan serah terima kapal Pelayaran Rakyat di Gedung Karsa, Lantai IV, Kemenhub RI.

Kapal Pelra merupakan moda transportasi laut yang difokuskan untuk membangun konektifitas antar pulau. Kapal Pelra kemudian diserahkan ke daerah dengan status hibah dan difungsikan untuk pelayanan masyarakat.
Kapal Pelra mampu melaju dengan kecepatan 9 Knot. Kapal jenis ini dapat digunakan untuk memuat penumpang, barang maupun berbagai kebutuhan masyarakat di daerah.

\"Kapal Pelra diserahkan kepada pemerintah daerah yang telah menyelesaikan proposal pengajuan. Kapal ini kemudian wajib dioperasikan pemerintah daerah untuk pelayanan masyarakat,\" ujar Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Wisnu Handoko.
Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut Ir. R. Agus H. Purnomo dalam keterangannya menyampaikan, kapal Pelra yang diserahkan ke pemerintah daerah harus benar-benar 
difungsikan dan di rawat.

\"Pada saat monitoring, mohon kapal-kapal Pelra dalam kondisi baik dan terawat. Hal ini saya tekankan agar kita semua aman saat proses audit,\" pesan Agus.

Secara terpisah Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid SE, MM yang hari ini Kamis, (18/7) menghadiri acara Peresmian Mapolda Kaltara di Tanjung Selor menyampaikan ucapan terima kasih nya dan berharap Kapal Pelra ini dapat dimanfatkaan oleh masyarakat dengan baik dan tepat sasaran

\"Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemenhub RI yang sudah menghibahkan kepada Pemkab Nunukan berupa kapal dan tentu saya harapkan pula kapal ini nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan baik dan tepat sasaran\" harap Laura (Humas)